Featured Image Article 4949

5 Manfaat Lain Minyak Kastor Selain Menumbuhkan Rambut

Ternyata bukan hanya untuk menebalkan alis dan bulu mata lho.

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Skin Care

Bagi wanita, alis mata yang tebal dan bulu mata yang tebal serta lentik seringkali menjadi indikator kecantikan. Jika kamu sering menggunakan bahan alami, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan minyak kastor. Minyak kastor adalah minyak yang berasal dari tumbuhan, memiliki kandungan anti bakteri, anti jamur, dan anti inflamasi dan menjadi cara ampuh untuk regimen kecantikan kamu. Namun, rupanya minyak kastor tidak hanya bagus untuk rambut, melainkan bagian lainnya.

5 Manfaat Lain Minyak Kastor Selain Menumbuhkan Rambut

Jangan kamu oleskan pada alis dan bulu mata saja, ladies! Berikut adalah manfaat minyak kastor lainnya 

1. Kulit Kepala

Kulit kepala

Jika kulit kepala kamu berkerak dan kering, kondisi ini bisa menjadi ketombe. Kamu bisa mengoleskan minyak kastor tersebut ke kulit kepala. Asam lemak yang dikandung oleh minyak kastor sehingga bisa meresap ke folikel rambut dan melembapkan kulit kepala, sehigga mencegah kulit kepala menjadi berkerak. Minyak kastor memiliki tekstur yang sangat kental, sehingga akan sangat bagus jika kamu menambahkan minyak lain seperti minyak jojoba dan minyak kelapa.

2. Anti Jamur

Minyak kastor

Minyak kastor bisa digunakan untuk mengobati infeksi jamur yang minor seperti ketombe. Minyak kastor sagat efektif untuk menjadi sebuah anti bakteri karena mengandung ricinoleic acid, yang bisa membunuh bakteri, sehingga menyebabkan ketombe. Cobalah menambahkan minyak jarak dalam ritual hair mask kamu.

3. Perawatan Kulit

Merawat kulit

Minyak kastor sebagai bahan alami, bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk face mask yang bisa melembapkan kulit. Kamu bisa membuat masker dengan menggunakan beberapa minyak lainnya seperti minya jojoba maupun minyak almond yang banyak mengandung vitamin E untuk menutrisi kulit. Untuk melembapkan kulit, kamu bisa langsung menggunakan minyak kastor dengan beberapa tetes ke wajah.

4. Spot Jerawat

Spot jerawat

Minyak kastor bukan obat untuk jerawat, namun bisa membantuk menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Selain itu minyak kastor juga bisa membantu mengempeskan jerawat karena menganduk anti bakteri yang mencegah timbulnya bakteri penyebab breakout di kulit.

5. Alis dan Bulu Mata

Alis dan bulu mata

Sudah bukan rahasia lagi bahwa minyak jarak digunakan untuk menumbuhkan menebalkan bulu mata dan alis. Ricinoleic acid dan omega 6 dapat menstimulasi pertumbuhan pada rambut. Jadi, setelah kamu menggunakan minyak kastor untuk melembapkan wajah, kamu bisa mengaplikasikannya pada alis dan juga bulu mata sebelum tidur. Gunakan kuas maskara yang bersih sebagai baguan untuk mengaplikasikannya. Lakukan perawatan ini secara rutin dan kamu pun akan merasakan alis dan bulu mata kamu tampak lebih tebal.


Nah, itu dia manfaat minyak kastor yang bisa kamu dapatkan, ladies. Selamat mencobanya!