Featured Image Article 4956

Inilah Perubahan pada Vagina yang akan Terjadi Padamu di Usia 30, 40 dan 50 dan 60-an

Seiring bertambahnya umur, vagina kamu akan mengalami hal ini.

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Health

Bukan hanya kulit yang akan mengalami penuaan seiring berjalannya waktu. Bagian organ intim juga bisa mengalami penuaan lho. Jika tidak merawatnya dengan tepat, fungsinya akan ikut menurun. Penurunan fungsi organ intim diwaspadai menurun terlebih jika kita telah melahirkan. Jadi, kamu pun juga harus sering melatih kekuatan otot kamu dengan melakukan senam kegel. Lalu, sebenernya perubahan apa saja yang bisa terjadi dengan bagian vagina kita seiring berjalannya waktu? Yuk, simak!

30 Tahun-an

Usia 30-an

Di usia 30-an adalah usia dimana banyak kebanyakan wanita melahirkan. Hal yang sering menjadi pertanyaan adalah "apakah vagina kita akan kembali ke bentuk semula?". Ada dua hormon yang membantu untuk memperlebar vagina, yaitu estrogen yang bisa membuat rileks bagian vagina. Sebenarnya perubahan pada vagina kamu tidak akan disadari kecuali oleh orang medis dan gynecologist. Meskipun begitu, cobalah untuk melakukan senam pelvis ketika kamu sedang dan setelah hamil untuk memastikan bahwa vagina kamu akan kembali ke bentuk semula.

40 Tahun-an

Usia 40-an

Di usia ini, akan ada penurunan level estrogen pada tubuh kamu yang menyebabkan menurunnya seksualitas dan reproduktivitas. Tubuhmu akan memasuki masa perimenopausal dan menopausal. Bagian vagina akan menjadi sedikit kering dan menjadi mudah iritasi. Sering-sering melakukan check up untuk pencegahan tumor ataupun kanker serviks. rata-rata munculnya anker serviks adalah di pertengahan usia 40-an, sehingga sebaiknya kamu melakukan cek up secara rutin di usia 40-an.

50 Tahun-an

Usia 50-an

Di usia ini adalah usia menopause. Penurunan estrogen akan muncul dan menyebabkan bagian dinding vagina mengalami kekeringan dan sakit. Selain itu ada kerontokan pada bulu kemaluan dan penurunan libido, sehingga ketika menjalani hubungan seksual akan terasa sakit. Di usia ini kemungkinan infeksi akan menjadi lebih tinggi karena kekurangan hormon estrogen menurunkan jumlah bakteri baik seperti lactobacillus, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan bakteri jahat. Gunakan krim estrogen untuk memberikan elastisitas dan kelembapan pada bagian vagina.

60 Tahun-an

Usia 60-an

Di usia ini akan ada banyak perubahan pada tubuhmu terutama pada bagian vulva dan vagina. Vagina kamu akan tampak pucat dari biasanya, dan vulva akan menyusut pada daerah luar. Namun, jangan takut hal ini wajar terjadi. Aktivitas seksual dapat membantu untuk keelastisitasan. Jika kamu merasa vagina terlalu kering kamu bisa menggunakan krim pada vagina dan lubricants, namun ingat untuk selalu mengonsultasikannya pada dokter. Terapi penambahan etsrgen bisa saja terapi namun pastikan kamu melakukan tes-tes periodik oleh dokter terlebih dahulu ya.