Featured Image Article 4986

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Ampuh

Jangan sampai ketombe kamu membuat penampilan menjadi tidak bagus lagi, ladies.

Ayu Dewi Photo
Ayu Dewi
Editor
di Hair

Rambut yang indah dan sehat adalah idaman semua wanita. Masalah rambut yang seringkali dihadapi oleh wanita adalah ketombe. Ketombe muncul karena beberapa penyebab seperti kulit yang kering, penyakit kulit, terlalu kasar ketika membersihkan kulit kepala, dan gangguan banyak jamur. Hal yang menjadi penyebab ketombe adalah kulit yang kering, sehingga kulit kepala bisa dengan mudah mengelupas. Nah, agar penampilan kamu tidak menjadi semakin rusak karena kehadiran ketombe, berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan ketombe dengan alami. Yuk, simak!

7 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Ampuh

Untuk menghilangkan ketombe juga bisa ampuh dengan menggunakan bahan alami ini lho, ladies.

1. Tea Tree Oil

tea tree oil

Tea tree oil memang bagus untuk jerawat, namun tea tree oil juga bisa kamu gunakan untuk membasmi ketombe. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil dalam sampo kamu, kemudian keramaslah seperti biasa.

2. Baking Soda

Baking soda

Selain bagus untuk menghilangkan komedo, baking soda juga bagus sebagai anti gatal dan mencegah kulit kepala untuk mengelupas. Basahi rambut kamu dan aplikasikan baking soda pada kulit kepala kamu. Langsung bilang kepala kamu tanpa keramas. Baking soda dapat mengurangi pertumbuhan berlebihan pada jamur yang bisa menyebabkan ketombe. rambut kamu akan sedikit kering awalnya, namun setelah beberapa minggu, kulit kepala kamu akan mulai memproduksi minyak alami yang bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan bebas dari kulit kepala yang mengelupas.

3. Cuka Apel

Cuka apel

Cuka apel sangat bagus untuk membasmi ketombe pada kepala kamu. Asam yang dihasilkan dari uka apel dapat mengganti pH pada kulit kepala kamu dan membuat jamur untuk sulit tumbuh. Campurkan 1/4 gelas cuka apel dengan 1/4 air dalam botol spray lalu semprotkan pada kulit kepala kamu. Tutup kepala kamu dengan handuk dan biarkan selama 15 menit sampai sejam, lalu keramaslah seperti biasa. Lakukan ini dua kali dalam seminggu.

4.  Mouthwash

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan mouthwash

Untuk membasmi ketombe yang sudah parah, keramaslah dengansampo kamu seperti biasa kemudian bilas dengan mouthwash yang mengandung alkohol. Gunakan conditioner seperti biasa. Mouthwash berfungsi sebagai anti jamur yang bisa mencegah munculnya bakteri penyebab dandruff untuk berkembang.

5. Minyak Kelapa

Coconut oil

Minyak kelapa adalah bahan alami yang ampuh untuk membasmi ketombe dan juga membuat rambut menjadi harum. Sebelum keramas, cobalah baurkan minyak kelapa dan pijat kulit kepala kamu 3-5 sdm minyak kelapa pada kulit kepala kamu dan biarkan selama satu jam, kemudian keramaslaj seperti biasa. Kamu juga bisa keramas dengan sampo yang sudah mengandung minyak kelapa.

6. Lemon

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan lemon

Coba campurkan 2 sdm jus lemon pada kulit kepala kamu lalu ilas dengan air. Aduk 1 sdt jus ke dalam 1 gelas air dan bilas dengan air tersebut. Ulangi perawatan ini hingga ketombe kamu menghilang. Asam pada lemon dapat menyeimbangkan pH pada kulit kepala kamu dan menjauhkan kepala dari ketombe.

7. Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam

Sifat garam yang bisa mengikis ini sangat bagus untuk menghilangkan ketombe sebelum kamu keramas. Ambil pengocok garam dan kocok garam lalu aplikasikan pada kulit kepala kamu yang kering. Kemudian aplikasikan pada rambut kamu dan pijat secara perlahan. Jika kamu sudah merasa cukup lama dan kulit kering serta ketombe sudah hilang, bilaslah dengan caa keramas.


Nah, itu dia cara menghilangkan ketombe secara alami yan bisa kamu lakukan dengan mudah. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya, ladies.