Featured Image Article 509

Tidur Singkat Di Tengah Kesibukan

Rumah jauh dari sekolah, kampus, atau kantor sering kali membuat kamu harus berangkat sepagi mungkin dari rumah. Waktu tidurpun menjadi berkurang, ditambah dengan pekerjaan yang menuntut otak bekerja

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Hal ini membuat kondisi tubuh dan otakmu menjadi lemah dan memerlukan waktu istirahat. Disaat inilah kamumemerlukan istirahat meskipun hanya sebentar, tapi disinilah tidur singkat diperlukan. Tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, tapi juga memiliki manfaat lain.

-          Mengurangi stress

Jika kamu sudah merasa penat, dan stress dengan segala pekerjaan, tinggalkan sebentar aktifitasmu dan carilah spot yang nyaman untukmu sekedar merebahkan badan dan tidur sebentar. Walau hanya sesaat, tapi ini sangat mampu membuatmu merasa segar dan lebih focus saat bangun.

-          Meningkatkan Produktivitas

Saat kamu mengantuk, otakmu akan otomatis berfikir dan bekerja lebih lambat. Hal ini tentu sangat berbahaya disaat kamu melakukan aktivitas, kamu tidak akan bisa berkonsentrasi dengan baik. Jika sudah begitu sebaiknya carilah tempat yang cukup nyaman untukkamu tidue singkat 10-20 menit. Kenapa? Karena tidur singkat selama 20 menit setelah bangun bis amemberikan manfaat lebih, shingga meningkatkan produktivitasmu.

-          Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Tidur singkat ternyata bisa mengoptimalkan fungsi jantung dan cara kerja sel – sel tubuhmu, sehingga badanmu akan terasa lebih bugar dan mamu bekerja lebih baik. Kamu juga bisa menguragi keinginan mengkonsumsi kafein yang akan berakibat buruk jika terlalu banyak dikonsumsi.

Tidur singkat memiliki beberapa kategori. Micro Nap, 2- 5 menit untuk menghilangkan rasa kantuk, Mini Nap 5 – 20 menit untuk meningkatkan kewaspadaan, stamina, dan kerja motorik otakmu dan Power Nap yaitu gabungan micro dan mini nap yang bisa memperbaiki serta menambah daya ingat. Sedangkan tidur selama 50 – 90 menit disebut Lazy Man’s sleep yang bisa meningkatkan hormone pertumbuhan dan memperbaiki tulang dan otot.

Walaupun tidur singkat baik untuk meningkatkan kerja otakmu, tap lebih baik lagi jika kamu melakukan tidur malam yang cukup selama 8 jam, sehingga aktivitasmu keesokan harinya tidak akan terganggu. Selamat Tidur!