Featured Image Article 518

Hati-Hati! Makanan ini Bisa Bikin Menua Lebih Cepat!

Menjadi tua adalah pasti. Tapi tentu kamu tidak mau menua sebelum waktunya bukan? Ini dia beberapa makanan penyebab penuaan dini yang sebaiknya kamu hindari

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Food

Proses penuaan memang terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia, garis-garis halus pada wajah mulai muncul dan pastinya akan membuat panik para wanita. Akan tetapi, tentu kamu tidak ingin tua sebelum waktunya bukan? Simak deh beberapa makanan penyebab penuaan dini disini.

Ini Dia Makanan Penyebab Penuaan Dini yang Harus Kamu Hindari!

Walaupun proses penuaan tidak bisa dihentikan, namun kamu bisa menghambatnya dengan memperhatikan serta menjaga gaya hidup. Gaya hidup yang serba cepat membuat kita seringkali melupakan kebutuhan gizi dan menerapkan pola makan yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan-makanan berikut ini:

Fast Food

Makanan seperti ini memang sudah harus dijauhi, karena tidak mengandung nutrisi apapun bagi tubuh. Meskipun bisa memenuhi kebutuhan makanan setiap hari, makanan cepat saji mengandung garam dan minyak yang sangat tinggi yang tentu tidak baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Kamu Hindari!

Soda atau Minuman yang Mengandung Gula

Jenis minuman ini sebaiknya juga tidak dikonsumsi secara rutin. Mengapa? Hal ini karena minuman ini tinggi akan kandungan gula yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk itu, pilihlah air putih yang pasti lebih sehat ya.

Alkohol

Alkohol banyak mengandung dampak buruk, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Negara dengan tingkat konsumsi alkohol yang tinggi biasanya memiliki angka keracunan dan penyakit hati yang tinggi.

Nitrat

Nitrat banyak terkandung dalam daging yang melalui proses pengawetan. Contoh sederhananya adalah sosis dan daging asap. Walau sebenarnya tidak berbahaya, nitrat bisa berubah menjadi nitrit kemudian nitrosamin yang merupakan zat karsinogenik, yang lebih dikenal sebagai penyebab kanker.

Hydrogenated Fat

Lemak yang diproses dapat berubah kandungannya. Kandungan tambahan ini adalah trans fat yang erat hubungannya dengan aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Contoh dari makanan yang mengandung hydrogenated fat adalah mentega. Mentega sendiri merupakan bahan dasar kue dan snack.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Cemilan Sehat yang Kurang Dari 100 Kalori untuk Dietmu!