Featured Image Article 560

Diet Gagal Terus? Coba Cek Dulu Kamar Tidurmu

Sudah mencoba berbagai cara diet namun berat badanmu tak kunjung turun? Coba deh cek kondisi kamar tidurmu, ternyata cahaya dalam kamar tidur berpengaruh pada berat badan.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Diet

Terekspos cahaya di malam hari ternyata tidak hanya merusak kualitas tidur, tapi juga bisa menggagalkan dietmu, ups!

BACA JUGA: Tidur dengan Lampu Menyala Ternyata Menyebabkan Penyakit Ini!

Tidak main-main, hal ini tercantum dalam penelitian terbaru yang ada dalam the American Journal of Epidemiology

Para peneliti 113.000 wanita dan mengelompokkan mereka berdasarkan intensitas cahaya di kamar tidur masing-masing. Kemudian, peneliti akan membandingkan jawaban terebut dengan obyek penelitian, yaitu Body Mass Index (BMI), rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggang-tinggi badan.

Ternyata, ketiga ukuran obseitas tersebut ditemukan lebih tinggi pada para wanita yang terekspos cahaya saat tidur. Menariknya, semakin terang cahaya di kamar tidur, ternyata semakin berat wanita yang tinggal di dalamnya.

Peran Hormon Melatonin dalam Menurunkan Berat Badan

Ternyata hormon melatonin yang hanya diproduksi saat tidur dalam kondisi lampu mati juga berpengaruh terhadap perubahan nafsu makan, metabolisme glukosa, dan juga merangsang rasa lapar.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih rinci mengenai efek sebab akibat antara cahaya dan BMI. Nah, bukan berarti kamu harus tetap menyalakan lampu di saat tidur.

BACA JUGA: Insomnia Bikin Kamu Obesitas dan Bego

Tidak ada salahnhya mencoba untuk mematikan lampu atau mendekorasi ulang kamarmu dengan warna-warna yang lebih gelap. Toh, tidur dengan kondisi gelap bisa meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan ketahanan tubuhmu. Bonusnya? Berat badan pun tetap terkontrol!