Featured Image Article 568

Berapa Banyak Sih Berat Badan yang Bisa Turun dalam Seminggu?

Banyak produk dan iklan yang menjanjikan langsing instan. Tapi, berapa banyak sih berat badan yang bisa turun dengan normal dalam waktu satu minggu?

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Diet

Pasti kamu sering mendengar atau melihat berbagai iklan yang menjanjikan penurunan berat badan sebesar  2-4 kilogram dalam waktu minggu, bukan?

Akan tetapi, sebenarnya berapa kilogram sih yang bisa kamu hilangkan dalam waktu 7 hari?

Dilansir dari womenshealthmag.com, menurut Lauren Slayton, M.S., R.D., penulis buku The Little Book of Thin, ternyata berat badan maksimal yang bisa diturunkan dalam waktu tujuh hari tidak lebih dari 1-2 kilogram saja.

BACA JUGA: Resep Langsing dan Awet Muda ala Wanita Jepang

Lebih jauh lagi, statistik ini juga bervariasi tergantung faktor pendukung lainnya:

Faktor Pendukung dalam Penurunan Berat Badan

Berat Badan Semula

Orang yang mulai menurunkan berat badan dari berat yang lebih tinggi atau obesitas akan mendapatkan hasil yang lebih signifikan dan dramatis.

Gaya Hidup

Selain itu, gaya hidup seperti pola makan sehat dan olahraga yang rutin juga mempengaruhi penurunan berat badanmu.

Apabila kamu rutin berolahraga dan makan sehat, maka penurunan berat badan tidak akan drastis. Hal ini karena sebenarnya tubuhmu sudah cukup kencang dan kemungkinan besar persentase lemak tubuh sudah rendah.

Waspada Penurunan Berat Badan karena Air bukan Lemak

Banyak juga orang yang mengaku menurunkan lebih banyak berat badan dengan detoksifikasi, yaitu konsumsi minuman jus buah dan sayuran untuk 'membersihkan tubuh' dari racun.

BACA JUGA: Langsing dengan Detoks Alami

Akan tetapi, ternyata penurunan berat badan melalui metode ini hanya menghilangkan berat air, bukan lemak atau massa otot. Sehingga efek yoyo pun rentan terjadi.

Ada dua pilihan dalam menurunkan berat badan, tentu dengan risiko dan hasil yang berbeda.

Menurunkan Berat Badan secara Instan tapi Cepat Naik Lagi

Kamu bisa menurunkan berat badan hingga 2-4 kilogram secara mingguan dengan melakukan metode ekstrem seperti puasa berkelanjutan, detoksifikasi, dan lain-lain. Akan tetapi, karena memang cara ini tidak sehat maka jangan heran bila berat badanmu bisa kembali naik, bahkan lebih tinggi.

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan dengan Puasa Rutin, Sehat Gak Sih?

Menurunkan Berat Badan secara Perlahan tapi Bertahan dalam Jangka Panjang

Nah, akan lebih baik jika kamu menurunkan berat badan secara perlahan. Hal ini memang terasa lamban, akan tetapi hasil yang diberikan adalah hasil untuk jangka panjang.

Caranya adalah dengan secara bertahap mengurangi konsumsi kalorimu. Misalnya satu bulan pertama makan satu porsi nasi, kemudian bulan berikutnya menjadi setengah, dan seterusnya.

Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah serta melakukan olahraga secara teratur.

Stay healthy!