Featured Image Article 584

Wanita ini Buktikan Bahwa Definisi Cantik itu Berbeda di Tiap Negara

Cantik itu apa sih? Adakah standar kecantikan yang bersifat universal dan absolut? Dengan proyek "Before & After", seorang jurnalis lepas menyimpulkan bahwa ada perbedaan standar kecantikan wanita.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Featured

Esther Honig; seorang jurnalis lepas yang berbasis di Kansas City, memulai suatu proyek yang disebut sebagai "Before & After" baru-baru ini.

Dilansir dari BuzzFeed dan situs resmi Esther Honig, ide proyek ini muncul pertama kali saat Honig masih bekerja sebagai seorang social media manager di sebuah perusahaan startup. Atasannya memperkenalkan Honig pada Fiverr; situs pekerja lepas internasional dimana siapapun bisa mempekerjakan pekerja lepas dari seluruh dunia untuk menyelesaikan pekerjaan apapun.

Ketika sedang melihat-lihat di situs ini, Honig pun menyadari bahwa tiap individu dengan latar belakang budaya yang berbeda memiliki preferensi yang berbeda juga dalam hal estetika.

Di Amerika Serikat sendiri, photo editing software bernama Photoshop telah menjadi simbol bagi standar kecantikan di kalangan masyarakat. Proyek Honig ini lah yang membahas bagaimana standar kecantikan sangat bervariasi tergantung pada budaya.

Proyek "Before & After" ini memberikan gambaran bagaimana standar kecantikan di lebih dari 25 negara di belahan dunia begitu berbeda. Beberapa negara yang digambarkan adalah Sri Lanka, Filipina, dan juga Indonesia.

Yuk intip perbedaannya di gambar-gambar berikut ini.

Foto Asli - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Argentina - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Argentina - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Jerman - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Indonesia - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

 Maroko - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Inggris - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Amerika Serikat - copyright Esther Honig (www.estherhonig.com)

Itu lah beberapa foto yang dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan standar kecantikan negara-negara masing-masing.

Nah, di antara foto di atas, terdapat modifikasi foto agar sesuai dengan standar kecantikan di Indonesia. Jika diperhatikan, foto Honig berubah menjadi lebih putih dan berkilau untuk standar kecantikan Indonesia, apakah kamu setuju?