Featured Image Article 590

5 Makanan yang Membuat Kamu Kenyang Lebih Lama (Dan Tentunya Diet pun Sukses)

Sudah sering dibahas tentang makanan yang bisa bikin diet gagal. Nah kali ini yuk bahas apa saja sih makanan yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama agar diet tidak terganggu.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Diet

Ketika sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, mengurangi porsi makan adalah suatu hal yang WAJIB. Akan tetapi, tentu saja rasa lapar akan terus menghantui selama proses tersebut. Nah, rasa lapar yang tidak dapat ditahan ini lah yang menjadi alasan tersering bagi para pejuang diet gagal untuk menurunkan berat badannya.

BACA JUGA: Tips dan Trik Jitu Siasati Menu Dietmu!

Akan tetapi, tenang, karena kamu bisa membuat perut berhenti berteriak lapar tanpa harus mengonsumsi kalori ekstra. Faktanya, mengonsumsi makanan tertentu dapat mengirimkan sinyal kepada otakmu bahwa kamu telah selesai makan dan menekan selera makanmu.

Ini dia enam makanan yang mampu membuat kamu kenyang lebih lama.

Dark Chocolate

Ketika kamu ingin ngemil makanan manis, sebaiknya puaskan rasa itu dengan mengonsumsi dark chocolate. Penelitian membuktikan bahwa dark chocolate mampu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung dan otak.

BACA JUGA: Hindari Kulit Hitam Dengan Konsumsi Coklat

Selain itu, dibandingkan dengan milk chocolate ternyata dark chocolate jauh lebih mengenyangkan serta mampu menghilangkan keinginan untuk ngemil makanan manis dan asin, menurut suatu penelitian dalam jurnal Nutrition & Diabetes, dilansir dari health.com. Selain itu, peserta penelitian dilaporkan mengonsumsi kalori 17% lebih rendah setelah mengonsumsi dark chocolate.

Oatmeal

Daripada makan sereal, lebih baik pilih oatmeal deh. Oatmeal membuat kamu kenyang jauh lebih lama menurut suatu penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition. Dalam penelitian tersebut, peserta yang mengonsumsi oatmeal merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, mereka juga merasakan penurunan rasa lapar dan nafsu makan yang cukup signifikan dibanding dengan peserta yang mengonsumsi sereal.

Kok bisa? Ternyata hal ini disebabkan oleh kandungan serat dan protein yang lebih tinggi dalam oatmeal. Selain membuat kenyang lebih lama, oatmeal juga mengandung gula betaglukan yang membuat makanan ini sehat bagi jantungmu.

Apel

Makanlah apel kurang lebih tiga puluh menit sebelum makan dan kamu akan makan lebih sedikit.

BACA JUGA: 4 Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Kamu

Makanan Hasil Fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti acar ternyata mampu memperkuat ikatan antara usus dan otak. Hal ini karena acar memiliki short-chain fatty acids atau SCFAs. SCFAs dapat menstimulasi produksi hormon yang berperan dalam memberikan sinyal selera makan. Nah, mengonsumsi makanan seperti ini dapat membuat kamu makan lebih sedikit.

Selain itu, acar juga mengandung banyak probiotik; bakteri baik yang membantu pencernaan.

Kacang-Kacangan

Kacang secara alami dirancang untuk mengontrol nafsu makan karena makanan ini kaya akan lemak tak jenuh, protein, dan serat, menurut Cynthia Sass, MPH, RD, dilansir dari health.com. Kombinasi ketiganya mampu memperlambat pencernaan serta menjaga kadar gula darah apabila dikonsumsi dengan karbohidrat seperti buah-buahan, oatmeal, atau nasi merah.  

BACA JUGA: Yuk Mengenal Sehatnya Kacang Edamame!

Bagaimana? Siap memasukkan keempat makanan di atas ke dalam menu makanan sehari-harimu?