Featured Image Article 592

7 Kebiasaan Makan Sehat Yang Perlu Kamu Lakukan

Makan adalah hal yang secara alami kita lakukan setiap hari. Karena itulah, penting untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Health

Memperhatikan kebiasaan makan setiap hari adalah hal yang perlu kamu lakukan, sebagai makhluk yang secara alami membutuhkan asupan air, mineral, gizi dan serat yang cukup. Ini perlu dilakukan untuk mencegah kurangnya bahan-bahan penting yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Selain itu, kebiasaan makan yang sehat juga akan mendukung sistem pencernaanmu jadi lebih optimal dalam mengolah setiap makanan yang masuk.

Penasaran seperti apa kebiasaan makan sehat yang perlu kamu biasakan mulai sekarang? Yuk coba kita simak satu persatu!

Pilih Sarapan Yang Baik

Semua menu sarapan memang enak-enak. Tapi apakah mereka juga sehat? Belum tentu.

BACA JUGA: Tidak Sarapan Ternyata Bisa Bikin Terkena Penyakit Ini!

Pilih menu sarapan yang memenuhi kebutuhan serat dan protein yang kamu butuhkan untuk menjaga perutmu tetap kenyang hingga siang hari, seperti sereal dan susu atau roti gandum dengan telur mata sapi.

Sebisa mungkin hindari makan pagi yang banyak mengandung minyak dan terlalu banyak karbohidrat ya.

Minum Air Putih

Kamu pasti menghela nafas bosan mendengar yang satu ini. Tentu saja. Karena hal ini selalu menjadi kunci kebiasaan manusia yang sehat.

Air putih memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk seluruh sistem kerja di dalam tubuh kita yang 80%-nya berisi air.

Sirkulasi air dalam tubuh sangat penting adanya. Karena itulah, jangan bosan mendengar diharuskannya kamu untuk minum air putih.

Selain itu, dengan minum air putih yang cukup, kamu akan meminimalisir kemungkinan tubuhmu mengalami dehidrasi, terutama di musim panas di mana kita banyak berkeringat dan mengeluarkan banyak cairan tubuh.

BACA JUGA: Ini Dia Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Lebih Sehat!

Apakah kamu sudah minum air putih yang cukup setiap harinya?

Yang Asli Tetap Lebih Baik

Pernah mendengar peristiwa kematian yang disebabkan oleh karena kebanyakan energy drink? Sesehat apapun energy drink dan sebaik apapun suplemen tidak akan dapat menggantikan makanan yang sebenarnya.

Di dalam buah anggur terdapat banyak vitamin C dan antioksidan. Menurut para ahli gizi, 3 butir anggur sehari dapat menjauhkan penyakit kanker dari tubuh kita. Yang asli lebih baik, toh?

BACA JUGA: Ini Dia Penyebab Utama Kanker Payudara!

Kunyah Makananmu 33 Kali

Apakah kamu pernah benar-benar mempraktekkan anjuran ini? Saya jamin tidak.

Gaya hidup masa kini cenderung menuntut orang untuk melakukan segala sesuatunya dalam tempo yang lebih cepat.

Selain itu juga, tidak banyak orang yang betah mengunyah makanan dalam 33 kunyahan. Paling lama hanya 10 kunyahan kemudian telan.

Bahkan untuk beberapa jenis makanan seperti mi dan sebangsanya, kita hampir tidak pernah benar-benar mengunyahnya.

BACA JUGA: Hati-hati Konsumsi Mie Instan dengan Nasi

Padahal untuk perut mencerna makanan dengan baik, dibutuhkan makanan yang benar-benar dalam keadaan halus.

Lagipula, dengan mengunyah lama, kamu jadi bisa lebih cepat menyadari kalau perutmu sudah kenyang. Sehingga, kamu yang sedang diet juga dapat lebih mengontrol jumlah makanan yang kamu konsumsi. Tidak ada ruginya, bukan?

 

Selama kamu bisa menjaga kebiasaan makan yang sehat, penyakitpun bisa diminimalisir, karena apabila sistem pencernaan tidak bermasalah, distribusi energi untuk dialirkan ke seluruh tubuh pun jadi lebih optimal. Selebihnya, kamu sendirilah yang harus menjaga.