Featured Image Article 597

Lutut dan Siku Gelap? Ini Penyebabnya!

Kulit lutut dan siku kamu warnanya lebih gelap dan lebih tebal ketimbang bagian kulit lainnya. Ternyata ini penyebabnya! Kenali agar kamu tahu cara terbaik mengatasinya.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Skin Care

Hampir semua orang mengalami penggelapan daerah siku dan lutut. Tidak jarang orang-orang, terutama kaum hawa, merasa malu dengan kondisi tersebut sehingga selalu menggunakan pakaian yang menutupi lutut dan siku mereka. Orang yang kulit siku dan lututnya gelap, seringkali merasa rendah diri dan menghindari penggunaan dress dan baju berlengan pendek secara sadar.

Perubahan warna pada siku dan lutut ini terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Namun, biasanya perempuan lebih memperhatikan masalah ini, meskipun penggelapan warna siku dan lutut bukanlah merupakan penyakit yang mematikan. Siku dan lutut yang gelap dianggap sebagai pemandangan yang mengganggu mata dan menurunkan daya tarik.

Kamu tentu ingin mencerahkan kembali warna siku dan lututmu bukan? Kenali penyebab perubahan warna siku dan lutut berikut ini, untuk menganalisa cara terbaik mengatasinya.

1. Tanda Penuaan

Telah banyak penelitian yang memaparkan bahwa kondisi kulit siku dan lutut yang menggelap lebih banyak terjadi pada orang-orang usia lanjut.

BACA JUGA: Hati-Hati! Makanan ini Bisa Bikin Menua Lebih Cepat!

Orang yang masih muda mungkin seiring waktu pernah mengalami hal ini, tapi karena kulit mereka masih dalam masa perkembangan dan regenerasi masih aktif dilakukan, kulit gelap pada mereka yang lebih muda bisa lebih cepat diatasi.

Untuk mengatasi hal ini harus dari saat masih muda. Rajin-rajinlah menjaga kelembaban kulitmu ketika regenerasi kulit masih aktif dilakukan.

2. Akibat Gesekan

Kamu sering berjalan dengan lututmu ketika sedang bermain bersama teman-teman? Sering menumpukan tanganmu pada siku di atas setiap meja yang kamu temui? Maka tak heran bila kamu memiliki lutut dan siku yang mengalami penggelapan.

Gesekan-gesekan yang terjadi pada kulit terlalu sering akan mengakibatkan kulit mempertebal pertahanannya untuk mengurangi kemungkinan luka.

BACA JUGA: Scrub Ampas Kelapa Yang Baik Bagi Kulit

Sehingga kulit jadi lebih tebal dan warnanya jadi lebih gelap. Kalau kamu sering melakukan itu, cobalah lebih rutin melakukan scrub. Minimal seminggu sekali. Scrub daerah siku dan lututmu dengan gerakan memutar yang lembut. Ini akan sedikit demi sedikit mencerahkan warna kulit siku dan lututmu.

3. Turunan

Apabila kamu melihat banyak orang di keluargamu memiliki kondisi siku dan lutut yang sama, bisa jadi yang kamu alami merupakan akibat faktor genetika alias turunan. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain rajin merawat kulit siku dan menjaga kelembabannya.

4. Kurang Perawatan

Nah, yang ini sudah hampir pasti bisa diketahui cara mengatasinya dilihat dari penyebabnya. Kulit yang kurang dirawat, akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan mengakibatkan penggelapan pada daerah siku dan lutut. Rajin-rajinlah melakukan scrub. Scrub dapat mengelupas sel kulit mati yang menumpuk di daerah tersebut. 

Bisa juga, kalau kamu rajin merawat kulit siapa tahu kamu melupakan daerah siku dan lutut. Hayo, siku dan lutut justru butuh perawatan ekstra. Jangan dilupakan ya!

5. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari, karena terdapat UVA dan UVB,  dapat menyebabkan penggelapan pada daerah siku dan lutut terutama yang tidak terlindungi dengan sunscreen atau sunblock.

BACA JUGA: 4 Fakta Menarik tentang Tabir Surya yang Wajib Kamu Ketahui

Rajin-rajinlah menggunakan sunscreen atau sunblock sebelum keluar rumah. Cahaya matahari sekarang semakin jahat, apalagi dengan menipisnya lapisan ozon di permukan bumi.

6. Kondisi Kesehatan & Masa Pengobatan

Beberapa penyakit dan beberapa resep obat, dapat mengakibatkan penggelapan pada daerah siku dan lutut kita. Untuk alasan ini, tidak banyak yang bisa dilakukan. Hanya saja, diketahui ada juga obat yang bisa mengatasi hal tersebut tentu saja setelah masa pengobatan kamu selesai ya.

Itulah hal-hal yang dapat menyebabkan penggelapan pada kulit lutut dan siku kamu. Dengan mengenali penyebabnya kamu jadi bisa memilih langkah pencegahan dan pengobatan yang paling tepat sehingga dapat mengatasi penggelapan kulit dengan lebih optimal.