Featured Image Article 635

Apakah Kamu Salah dalam Memakai Sampo dan Kondisioner? Cek Disini

Keramas tiap hari dan rajin maskeran, tapi mengapa rambutmu masih rontok dan kusam? Cari tahu disini.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Hair

Mungkin kamu heran dan bertanya-tanya, sudah rajin merawat rambut tapi rambut kok masih saja bermasalah ya?

Kemungkinan besar kamu melakukan kesalahan saat merawat rambut, terutama dalam penggunaan sampo dan kondisioner. Cek yuk supaya kamu tidak terus-terusan melakukan kesalahan yang bikin rambutmu 'teriak' kesakitan.

3 Kesalahan dalam Merawat Rambut

Menggosok Rambut dengan Kuku

Saat keramas mungkin kamu begitu peduli dengan kebersihan kulit kepala dan saking bersemangatnya menggunakan kuku untuk membersihkan kulit kepala.

Ini adalah kesalahan besar, ladies. Bagi kamu yang memiliki kulit kepala berminyak, menggosok kulit kepala dengan kuku dan terlalu keras hanya akan memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak semakin banyak. Hal ini lah yang menyebabkan kamu harus terus-menerus keramas karena lepek.

BACA JUGA: Apa Cara Keramasmu Sudah Benar?

Untuk itu, gunakanlah jari atau buku jari tangan untuk menggosok kulit kepala saat keramas.

Terlalu Sering Mencuci Rambut 

Untuk kamu yang merasa kulit kepalamu berminyak, kamu pun berkeramas hampir setiap hari untuk menghilangkan rasa lengket dan berminyak. 

Seperti yang sudah dinyatakan sebelumnya, kebiasaan buruk ini justru dapat merangsang produksi minyak alami yang berlebih sehingga rambutmu malah kusam. 

BACA JUGA: Kondisioner dan Kebiasaan Keramas Ternyata Bisa Sebabkan Jerawat Lho!

Solusinya adalah dengan menggunakan dry shampoo sehingga kamu tidak perlu keramas setiap hari. Selain itu, pilihlah sampo dengan kandungan alkohol rendah ya.

Membilas Rambut dengan Air Hangat

Kamu pasti sering mendengar pendapat bahwa mandi air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks dan meredakan stres. Akan tetapi, berhati-hatilah untuk tidak membilas rambutmu dengan air hangat ya. 

Ternyata keramas dengan air hangat justru membuka pori-pori rambut sehingga rambut pun menjadi rawan rontok. Selain itu, jika air terlalu panas maka rambutmu akan terbakar dan menjadi gampang rusak.

Sebaiknya selalu keramas dan bilas rambutmu hanya dengan air dingin ya.