Featured Image Article 636

Masih Muda Sudah Ubanan? Cek Kenapa Disini

Masih berusia muda tapi sudah banyak muncul uban di kepala? Hmm, mungkin ini penyebabnya.

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Hair

Sebal tidak sih ketika kamu sedang menyisir rambut atau bercermin kemudian menemukan beberapa helai uban di kepala. Mungkin kamu heran karena uban identik dengan usia tua, padahal kamu masih tergolong muda. Kok bisa?

Rambut uban sendiri merupakan rambut asli (umumnya hitam) yang tumbuh di kulit kepala kemudian berubah warna menjadi lebih muda atau putih.

Melanin dan Kaitannya dengan Uban

Uban sendiri terjadi karena adanya perubahan pigmen warna rambut yaitu melanin. Produksi melanin yang terganggu ternyata mampu menyebabkan uban.

Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak akan memiliki pigmen warna sehingga tampak abu-abu, putih, atau perak.

3 Penyebab Uban pada Usia Muda

1. Stres

Hayo, hindari stres karena walaupun kamu sendiri merasa bugar, tanpa disadari secara mental kamu tidak sehat. Nah, sebagai akibat dari stres, produksi melanin dapat terhambat.

Akibatnya, jika stres terjadi dalam waktu yang cukup lama maka dapat mengubah produksi melanin sehingga warna rambut pun berubah menjadi putih.

Oleh karena itu, aturlah keseimbangan antara aktivitas (kuliah, kerja, dll.) dengan istirahat sehingga stres pun bisa diatur dengan baik. 

Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin B12 yang umumnya dapat ditemukan dalam kerang, daging sapi, ikan laut, tahu, keju, dan telur.

BACA JUGA: Cek 3 Ciri Rambut Rusak Disini

Yang terpenting adalah selalu berpikir positif dan membahagiakan diri dengan tertawa dan senyum sehingga bebas stres juga bebas uban.

2. Gizi Tidak Seimbang

Penyebab lainnya dari pertumbuhan uban pada usia muda adalah gizi yang tidak seimbang. 

Ya, makanan dan minuman yang kita konsumsi ternyata juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Sebagai contoh, kamu bisa coba melihat anak-anak yang berambut kemerahan dan kusut, itu adalah tanda gizi yang buruk sehingga mempengaruhi rambut juga.

BACA JUGA: Ternyata Rambut Bisa Lebih Lebat dengan Makanan Ini!

3. Keturunan (Genetis)

Apabila kedua penyebab sebelumnya tidak kamu alami, sebaiknya perhatikan kedua orangtuamu. Apakah ada yang mengalami uban sebelum usia tua? Jika hal tersebut ada, maka kemungkinan besar kamu mengalami uban akibat faktor keturunan. 

 

Uban normalnya muncul mulai usia 40 tahun ke atas. Nah, jika kamu mengalami uban sebelum atau pada usia minimal 25 tahun, sebaiknya kamu berhati-hati dan mewaspadai ketiga penyebab di atas.

Sampai sekarang, uban memang belum dapat dihilangkan permanen. Untuk menghilangkannya secara sementara, solusi satu-satunya adalah mewarnai rambut.