Featured Image Article 643

Sudah Benarkah Cara Kamu Berolahraga?

Untuk mendapatkan tubuh yang atletis dan sesuai keinginan, kamu rela menghabiskan waktu berjam-jam di gym, tapi sayangnya tidak ada perubahan. Mungkin kamu terlalu mempercayai mitos yang beredar.

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Health

Olahraga kini sudah menjadi gaya hidup yang mulai dilakukan banyak orang. Tidak jarang orang berbondong-bondong mengikuti acara-acara olahraga, atau pergi ke gym, termasuk kamu. Sayangnya banyak dari kamu yang pergi ke gym, dan melakukan olahraga hanya dengan berbekal informasi yang ternyata keliru.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, coba yuk untuk menghindari mitos-mitos yang biasa dilakukan saat berolahraga, seperti beberapa hal berikut ini:

Mitos dan Kesalahan saat Berolahraga

Angkat Beban Bikin Berotot

Jika kamu menginginkan lengan berotot, bukan tidak mungkin tentunya, tapi untuk wanita tidak hanya cukup dengan berlatih angkat beban.

Untuk membesarkan otot, biasanya diperlukan bantuan steroid dan kadar lemak yang rendah.

Ada baiknya jika kamu tidak hanya terpaku pada bagian lengan, tapi lakukan latihan keseluruhan untuk menguatkan otot.

Sit Up Bikin Perut Rata

Mungkin sebagian besar dari kamu percaya bahwa sit up adalah cara terbaik untuk melangsingkan perut.

Tapi tahukah kamu, bahwa sit up tidak cukup banyak membakar kalori. Ya, ya, sit up memang bisa sedikit membantu membentuk otot perut kamu, tapi untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu tetap harus melakukan latihan yang lebih efektif pada bagian bahu dan bokong.

BACA JUGA: Ingin Punya Perut Ramping dengan Cepat dan Efektif? Coba Planking!

Dengan hanya melakukan sit up, ini bisa mengakibatkan cedera pada tulang belakang. So, pastikan kamu melakukan latihan secara keseluruhan dan seimbang.

Berolahraga dalam Waktu yang Lama

Kamu keliru jika melakukan ini. Waktu olahraga sebenarnya tidak terlalu berpengaruh.

Berdasarkan sebuah penelitian di AS, dibuktikan bahwa seseorang yang berlari selama 30 menit non-stop memiliki tekanan darah lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang melakukan jogging (per 10 menit). Quickie session ternyata memiliki efek yang jauh lebih baik.

BACA JUGA: Benarkah Keringat Berlebih Baik Untuk Tubuh?

Makin Sering Ngegym, Makin Bagus!

Kamu salah besar! Kamu nggak perlu pergi ke gym setiap hari lho ladies! Apalagi kalau kamu melakukan latihan yang sama, ini bisa mengakibatkan cedera pada otot.

BACA JUGA: Ini Dia Olahraga Ringan Agar Kondisi Tubuh Tetap Fit saat Puasa

Usahakan untuk tetap membuat latihanmu bervariasi dan tetap luangkan waktu istirahat 2 kali seminggu untuk kamu yang masih pemula, dan 1 kali untuk kamu yang sudah terbiasa.

Itu tadi mitos-mitos yang kamu perlu ketahui, agar tidak menjerumuskan kamu. Ingat yah, olahraga memang baik, tapi jangan sampai berlebihan. Apalagi kalau itu berisiko bagi tubuhmu. Selamat berolahraga.