Featured Image Article 648

Makan Manggis Bisa Menangkal Kanker, Benar Tidak Sih?

Ekstrak kulit manggis sedang ramai menjadi perbincangan masyarakat. Tapi apa saja sih manfaat kesehatan dari si ungu ini?

Istiarina Photo
Istiarina
Editor
di Food

Buah Manggis yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana merupakan tanaman tropis. Buah ini dipercaya berasal dari Indonesia dan tersebar luas di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Manggis dikenal sebagai buah yang memiliki bentuk dan rasa yang unik serta seringkali disebut-sebut sebagai ratunya buah tropis.

Mungkin akhir-akhir ini kamu banyak melihat iklan tentang suplemen dengan ekstrak kulit manggis, tapi apa sebenarnya manfaat kesehatan dari manggis?

Manfaat Kesehatan Manggis

1. Antioksidan yang Kaya

Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa manggis mengandung komponen polifenol yang dikenal sebagai xanthones. 

Xanthones sendiri merupakan komponen yang sangat efektif dalam melawan penyakit jantung. Antioksidan tersebut juga memiliki elemen yang mampu menyembuhkan kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, mampu memperlambat proses penuaan, serta memperkuat daya tahan tubuh.

2. Kalorinya Rendah

Si manggis ini pun ternyata rendah kalori, yaitu 63 kalori setiap 100 gram dan tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh.

BACA JUGA: Ini Dia 6 Cemilan Sehat yang Kurang Dari 100 Kalori untuk Dietmu!

Selain itu, manggis juga sangat kaya akan serat sehingga memperlancar proses pencernaan. Pencernaan yang lancar tentu akan mengefektifkan dietmu.

3. Sumber Vitamin C

Manggis juga kaya akan vitamin C dan mengandung 12% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan dari setiap 100 gram.

BACA JUGA: Sejuta Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan

Vitamin C sendiri dikenal memberikan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan virus seperti flu, sehingga penting dikonsumsi secara rutin setiap hari.

4. Buah Penangkal Kanker

Antioksidan yang ditemukan pada manggis dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung lainnya. 

BACA JUGA: Ini Dia 3 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Kamu Hindari!

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Manggis pun juga mengandung mineral yang cukup tinggi seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Selain itu, manggis juga mengandung potassium yang mampu memberikan perlindungan dari stroke dan penyakit jantung koroner karena mampu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.