Featured Image Article 687

Mau Punya Rambut Indah Terawat? Coba Hindari Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Punya rambut yang indah tentunya menjadi kebanggan bagi setiap wanita. Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mendapat rambut indah adalah mengurangi kebiasaan yang ternyata buruk bagi rambutmu!

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Hair

Memiliki rambut indah merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi setiap wanita, sehingga penting sekali untuk kamu mengenali rambut kamu. Sehingga kamu bisa dengan bijak memutuskan hal mana yang baik dan tidak untuk menjaga kesehetan dan keindahan rambut kamu.

Bersyukurlah kita para wanita yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, karena pertumbuhan rambut akan terjadi lebih cepat di cuaca panas dibandingkan dengan cuaca dingin, dan tumbuh lebih lambat di malam hari.

BACA JUGA: REVIEW: SHARP Plasmacluster Hair Dryer

Umumnya rambut akan mengalami pertumbuhan sepanjang 6 milimeter setiap bulannya, dan akan terus tumbuh sampai 6 tahun , lalu rontok dengan sendirinya dan digantikan dengan rambut yang baru. Berapa panjang rambut kamu akan tergantung pada folikelnya.

Setiap orang tentunya memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang tebal, tipis, keriting, lurus, dan sebagainya.

BACA JUGA: 3 Tren Warna Rambut 2014

Namun apapun jenis rambut kamu yang paling penting adalah bagaimana kamu merawatnya. Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah, lakukanlah beberapa hal berikut ini:

  • Hindari keramas menggunakan air yang terlalu panas karena bisa membuat rambut kering dan mudah patah. Kamu boleh sesekali menggunakan air hangat, untuk membuka pori-pori kulit kepala dan membersihkan sisa kotoran.
  • Kurangi penggunaan pengering rambut, lebih baik keringkan rambut secara alami dengan menggosokan handuk secara lebut sambil diangin-anginkan.
  • Kurangi penggunaan bahan kimia pada rambut, seperti gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut, atau spray rambut.
  • Lindungi kulit kepala kamu dengan topi atau scarf agar tidak terkena sinar matahri langsung.
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang, karena ini bisa membuat rambut kamu patah, apalgi membukany dengan menarik-narik rambut. Hentikan kebiasaan kamu memainkan rambut atau menarik-narik rambut tanpa alasan.

Cobalah hentikan kebiasaan-kebiasaan yang bisa merusak rambut kamu untuk mendapatkan rambut yang indah. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan zat besi untuk menjaga kesehatan rambut kamu.

Perhatikan juga konsumsi obat-obatan kamu, hindari obat yang akan menganggu pertumbuhan rambut, dan jangan lupa untuk berolahraga secara teratur untuk memperlancar peredaran darah, termasuk ke kulit kepala.

BACA JUGA: Masih Muda Sudah Ubanan? Cek Kenapa Disini

Yang terakhir, kurangi konsumsi kafein dan kebiasaan merokok, serta jaga jauhkan diri dari stress yang bisa mengganggu metabolisme tubuh yang akan mengganggu pertumbuhan rambut. Jangan sampai kamu kehilangan rambut indah kamu hanya karena gaya hidup dan kebiasaan yang kurang sehat yah ladies!