Featured Image Article 783

Bertengkar Dengan Sahabat? Ikuti Cara-Cara Ini Untuk Berbaikan Dengannya!

Sahabat adalah tempat kita berbagi berbagai macam cerita yang terjadi di hidup kita. Tapi apa jadinya kalau kita bertengkar dengan mereka?

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Bertengkar dengan sahabat adalah hal yang paling tidak mengenakkan hati. Kita merasa kehilangan tempat bercerita, tapi terlalu gengsi untuk menyapa duluan. Tapi ketahuilah ladies, gengsi tidak akan membawa kamu ke mana-mana. Kamu hanya akan membuat dirimu merasa semakin tidak enak, selalu marah dan selalu sedih.

BACA JUGA: Malam Minggu Tanpa Pacar

Jadi sebaiknya, segeralah berbaikan dengan sahabat kamu. Yuk simak langkah-langkah yang bisa kamu ambil agar kamu bisa segera berbaikan dengan sahabatmu!

Langkah Bijak Berbaikan Dengan Sahabat

Langkah 1:

Jangan biarkan emosimu mengambil alih dan memperkeruh suasana. Apabila kamu sudah siap meledak atau marah-marah lebih parah dengan sahabatmu, ingatlah untuk menarik nafas agar kamu bisa lebih tenang. Beri jarak dari saat kalian bertengkar hingga amarah yang ada surut untuk mulai berbaikan lagi dengannya.

Langkah 2:

Tahu waktu yang tepat untuk mulai berbicara. Seperti halnya kamu membutuhkan waktu tenang, sahabat kamu juga membutuhkannya. Jadi berilah waktu hingga amarah sahabat kamu mulai surut dan kamu bisa mengobrol perlahan dengannya.

Langkah 3:

Apabila kamu sudah tenang, sambil menunggu sahabat kamu tenang, kamu bisa merencanakan hal-hal dan poin-poin apa yang ingin kamu bicarakan. Bagaimana perasaanmu kemarin ketika marah, apa yang membuat kamu marah, dan apa yang kamu rasakan sekarang, dan mungkin, penyelesaian yang kamu harapkan dari masalah ini.

Langkah 4:

Ajak teman kamu bertemu untuk berbicara dengan pertengkaran yang kalian alami, dan tentang hal-hal yang akan kamu bicarakan. Ingat, jangan lewat telepon, dan jangan di tempat yang terlalu ramai. Usahakanlah mencari tempat di mana kalian berdua merasa nyaman. Mungkin tempat nongkrong rahasia kalian dan sebagainya.

Langkah 5:

Jelaskan perasaanmu sesuai dengan poin-poin yang sudah kamu tuliskan, tapi jangan terlalu kaku dan jangan dibuat-buat. Biarkan semuanya mengalir, tapi perhatikan cara bicaramu agar tidak menimbulkan pertengkaran baru.

Langkah 6:

Dengarkan temanmu. Ketika kamu selesai berbicara, mintalah dia menceritakan pendapatnya dan tanyakan apa yang dirasakannya ketika kalian bertengkar kemarin. Tujuannya adalah agar kamu dapat pula introspeksi diri dari masalah yang timbul kali ini.

Langkah 7:

Mulailah bicarakan solusi kalian berdua. Perlahan, tapi pasti. Dengarkan, dengan seksama. Jangan biarkan pembicaraan yang seharusnya mendamaikan kalian malah membuat kalian terlibat di pertengkaran baru.


Kalau kamu bertengkar dengan temanmu, cobalah cara-cara di atas untuk mengatasinya. Tapi sekali lagi, setiap sahabat, punya cara terbaik masing-masing untuk menyelesaikan masalah mereka. Jadi, ikutilah kata hatimu dan percayalah dengan sahabatmu. Oke?

BACA JUGA: Apakah Ini Saatnya Mengakhiri Persahabatan?