Featured Image Article 882

Waspadai 4 Gejala Dehidrasi Ringan Ini!

Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani setiap hari. Tanpa disadari, tubuh sering memberikan sinyal kalau kita sudah mengalami dehidrasi. Hmm, apa saja ya gejalanya?

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Diet

Hidup di kota besar yang super sibuk, seringkali membuat kita lupa untuk mengisi kembali cairan dalam tubuh yang telah hilang ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. Hal ini menyebabkan tubuh kita mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah hilangnya cairan dalam tubuh sehingga metabolisme tubuh menjadi terpengaruh.  Dengan banyaknya aktivitas yang kita jalani sehari-hari, tanpa kita sadari, kita sering mengalami dehidrasi ringan.

Dehidrasi ringan terjadi ketika cairan tubuh mengalami penurunan hingga 5% dari berat badan. Apa saja sih gejala dehidrasi ringan itu?

Mulut Terasa Kering

Dengan berkurangnya tabungan air yang ada di tubuh, mulut akan terasa kering dan ingin minum. Biasanya hal ini disertai dengan bibir yang ikut mengering. Hal ini menandakan tubuh sudah mulai kekurangan nutrisi. Gejala ini adalah gejala yang paling umum dan mudah dikenali.

Sakit Kepala Disertai Rasa Kantuk

Sering merasa kantuk di siang hari disertai dengan sakit kepala? Ini merupakan salah satu tanda tubuh kamu mengalami dehidrasi ringan. Rasa kantuk timbul karena tubuh melambat untuk menghemat air dalam tubuh.

Lapar Terus

Merasa lapar walaupun telah makan bisa menjadi salah satu gejala dehidrasi ringan. Sebelum memutuskan untuk makan (lagi), cobalah untuk meminum segelas air putih terlebih dahulu. Jika rasa lapar mereda, berarti tubuhmu mengalami dehidrasi bukannya lapar.

Cara Mengatasi Dehidrasi

Jangan anggap sepele dehidrasi, jika tubuhmu sudah menunjukkan tanda-tanda dehidrasi cepatlah diatasi untuk menghindari gejala yang lebih fatal. Cara paling mudah mengatasi dehidrasi adalah dengan minum air putih. Minumlah banyak air putih. Ingat! Rasa haus adalah salah satu gejala tubuh sudah mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah air putih sebelum rasa haus muncul. Air yang dibutuhkan oleh tubuh berkisar antara 2 – 2,5 liter atau setara dengan 8 – 10 gelas per hari.

Jika minum air putih saja tidak cukup untuk menggantikan jumlah cairan yang telah hilang, minuman isotonik adalah salah satu pilihan terbaik untuk membantu merehidrasi tubuh.

 

Yuk ladies, biasakan meminum air putih minimal delapan gelas sehari untuk terhindar dari dehidrasi. Selain itu, minum air putih juga baik untuk kesehatan tubuh dan kulit lho!