Featured Image Article 887

Tips Ritual Pagi Penyemangat Hari Untuk Meningkatkan Produktivitas Kamu

Berangkat kerja maupun kuliah, mungkin merupakan kegiatan yang paling tidak kita sukai. Bagaimana caranya supaya bisa semangat dan produktif sepanjang hari?

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Tugas yang menumpuk, rutinitas yang membosankan dan rasa malas mungkin membayang-bayangi kita setiap harinya sehingga pada satu titik, kita jadi malas membayangkan harus pergi ke kantor atau sekolah setiap harinya. Kamu mungkin sangat bosan sampai pada titik ingin merasakan rasanya mengerjakan sesuatu dengan bersemangat, tapi rasa lelah dan stres mengalahkan niat kamu untuk bekerja dengan semangat dari pagi. Jadi bagaimana dong caranya supaya bisa semangat sepanjang hari dan jadi produktif?

Kawaii Beauty Japan ingin membantu kamu menghilangkan emosi-emosi negatif yang bisa mempengaruhi produktivitas kamu. Coba cek ritual-ritual pagi penyemangat hari ala Kawaii Beauty Japan berikut ini deh:

Bangun Pagi

Bangun pagi, ternyata tidak hanya bermanfaat untuk jasmani tapi juga untuk rohanimu. Dengan bangun pagi, pikiran kamu jadi lebih segar, dan bebas dari segala akar kemalasan. Kalau kamu membiarkan malas mencegahmu bangun tidur lebih cepat, dari situ saja kamu sudah gagal menyemangati harimu sendiri.

Berangkat Pagi ke Kantor

Selain tidak harus buru-buru, kamu juga bisa terhindar dari macet yang dapat merusak hari indahmu. Minimal, meskipun kena macet, kamu tidak harus lari-larian atau marah-marah karena jam kerjamu masih lama dimulai. Jadi kamu bisa menikmati perjalananmu ke kantor sekalipun dalam keadaan macet.

Siapkan Playlist Kerja Berisi Musik Upbeat / Favorit

Supaya lebih bersemangat kerja, siapkan musik-musik yang bertempo cepat dan bersemangat. Tapi tetap harus sesuai seleramu. Kalau kamu lebih suka musik bertempo lambat, juga tidak apa-apa asal lagu tersebut dapat membuat kamu bersemangat.

Sedia Cemilan Sebelum Lapar

 

Seperti halnya ada orang yang tidak bisa nonton bioskop kalau tidak disertai cemilan seperti brondong jagung dan semacamnya, ada juga orang yang tidak bisa konsentrasi bekerja / belajar tanpa mengunyah sesuatu. Siapkan cemilan favoritmu yang bisa kamu makan tanpa mengotori area kerja dan mengganggu kerja tanganmu.

Mengatur Meja Kerja

Atur meja kerja kamu dalam tatanan yang kamu sukai. Kalau kamu orang yang kreatif taruhlah barang-barang yang lucu atau minimal dapat membuat kamu tersenyum ketika melihatnya. Sehingga kamu dapat tetap semangat. Kalau kamu gila kebersihan, bersihkan meja kerja kamu sebelum mulai kerja agar dapat berkonsentrasi seratus persen ke tugas-tugas ketika jam kerja dimulai.

Istirahat Sesekali

Otak tidak didesain untuk bekerja dalam jangka waktu yang panjang terus menerus. Dikala konsentrasi mulai menurun, kamu bisa ambil 5 menit waktu istirahat. Jalan ke pantry, melihat ke jendela kantor, ke kamar mandi, atau mungkin mengecek social media account pribadi kamu. Tapi ingat, disiplinkan diri kamu untuk kembali bekerja lagi setelah 5-10 menit berlalu.


Buat kamu yang ingin melepaskan diri dari kutukan rasa malas dan stereotipe orang kantoran yang membenci pekerjaannya, lakukan 6 hal ini setiap hari deh, dan dapatkan manfaatnya. Kehidupan kerja kamu bisa lebih jadi berwarna, positif, dan produktif! Selamat mencoba!