Featured Image Article 898

Kurangi Resiko Terkena Diabetes Dengan Beberapa Sayuran Ini

Diabetes bukan saja penyakit yang bisa diderita para pecinta makanan manis, tapi juga yang memiliki keluarga dengan riwayat diabetes. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengkonsumsi beberapa sayuran ini.

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Food

Buat kamu pencinta makanan manis, tentunya kamu juga sudah mengetahui risikonya, salah satunya diabetes. Penyakit yang satu ini memang bisa disebabkan karena adanya keturunan, namun bisa juga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula. Diabetes juga bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya lho ladies! Jadi, lebih baik kamu mencegahnya dari sekarang.

BACA JUGA: Ingin Bebas Diabetes? Yuk Ngopi!

Solusi yang dianjurkan tentu saja mengurangi konsumsi gula kamu, tapi selain itu kamu juga bisa memperbanyak konsumsi beberapa jenis sayuran yang bisa mencegah penyakit diabetes. Apa saja sayuran tersebut? Ini dia beberapa sayuran tersebut:

Bayam

Tentunya kamu sudah tahu kalau popeye sangat menyukai sayur yang satu ini. Ya, bayam memang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kita. Salah satunya mencegah resiko terkena diabetes. Sebuah hasil penelitian mengatakan, dengan mengkonsumsi bayam setiap hari ternyata bisa mengurangi resiko terkena diabetes hingga 20%. Siapa yang suka makan bayam? Kamu adalah orang yang beruntung!

Kacang-Kacangan

Jika kamu memiliki keluarga atau kerabat yang memiliki penyakit diabetes, coba tanyakan pada mereka makanan apa yang direkomendasikan para dokter? Tentu saja jawabannya pasti kacang-kacangan. Kenapa? Kacang-kacangan mengandung banyak serat yang akan mengenyangkan, dan protein dengan kadar glikemik yang rendah, dan kadar gula yang rendah.

BACA JUGA: 3 Manfaat Baik Selai Kacang Yang Kamu Perlu Tahu

Kubis

Enzim insulin dalam tubuh kita berfungsi untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh, karena itulah penting untuk kamu mengkonsumsi kubis. Kubis memiliki kandungan nutrisi yang akan membantu kerja pankreas agar lebih maksimal dan memproduksi insulin di dalam tubuh.

Ubi Jalar

Pernahkah kamu mendengar bahwa penderita diabetes sebaiknya mengganti konsumsi nasi dengan ubi jalar atau singkong?  Ini dikarenakan ubi jalar mengandung zat anthocyanin yang mampu membantu menstabilkan kadar gula darah di dalam darah. Selain itu, makanan ini juga bisa menjadi salah satu makanan antioksidan lho! 

Brokoli

Sayuran yang satu ini memang sangat terkenal karena khasiatnya, bahkan brokoli merupakan salah satu sayuran paling sehat. Sayuran hijau ini memiliki kandungan sulforaphane yang mampu mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

BACA JUGA: Ini Dia 43 Superfood yang Harus Ada dalam Menu Makananmu!