Featured Image Article 914

Cara Makan Sehat Yang Disarankan Para Ahli

Makan ini salah, makan itu juga salah, Jadi bagaimana yah cara makan sehat yang disarankan?

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Diet

Semua orang tentunya ingin hidup sehat, tapi sayangnya, sehat itu tidak mudah dan membungungkan. Apalagi buat kamu yang suka mencari tahu pendapat para ahli. Pasti kamu akan menemukan beberapa perbedaan, jadi mana yang sebaiknya kamu turuti? Entahlah!

Namun begitu, para ahli ini memiliki kesamaan pendapat mengenai beberapa hal berikut ini:

Selalu Awali Hari Dengan Sarapan

Hampir semua ahli gizi berpendapat, bahwa sarapan adalah hal penting yang harus dilakukan. Saat sarapan inilah metabolisme mulai bekerja dan memberikan kamu tenaga untuk beraktifitas di pagi hari.

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Sarapan Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Batasi Konsumsi Fast Food              

Tentunya kamu sudah tahu mengenai bahaya makanan yang satu ini, namun kamu masih sering tutup mata dan tetap mengkonsumsinya. Meskipun beberapa restoran sudah menawarkan menu sehat, cobalah untuk mulai menguranginya.

Jangan Menunda Makan

Ini adalah hal yang sudah seharusnya kamu lakukan, bukan hanya menurut para ahli gizi saja, Nabi juga memiliki pendapat yang sama. Makanlah saat tubuh membutuhkannya (sebelum lapar sekali) dan berhentilah saat perut sudah cukup terisi (sebelum kenyang berlebihan).

Konsumsi Sayuran Itu Penting!

Jangan coba-coba menghindari makanan yang satu ini. Sayuran adalah makanan pentingyang harus selalu ada diatas piringmu. Kamu nggak perlu lagi akan manfaatnya.

Minum Cukup Air

Semua mahkluk hidup tentunya mebutuhkan air, begitu juga dengan manusia yang sebagian besar tubuhnya terdiri dari air. Minumlah air minimal 8 gelas sehari yah untuk menggangtikan kadar air yang telah keluar di dalam tubuh.

BACA JUGA: Kurangi Minum Air Es setelah Makan Karena Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Tepati Jam Makan

Meninggalkan makan hanya akan merubah metabolisme tubuhmu menjadi lebih lambat dan menyebabkan kamu lebih lapar dari seharusnya. Ini dia yang membuat kamu semakin gemuk karena makan berlebihan.

Ngemil Di Waktu Yang Tepat

Jeda waktu makan biasanya mencapai 5 jam, so kamu memerlukan snack untuk tetap memberikan kamu energy dan menghindari kamu dari makan berlebihan saat waktu makan berikutnya. Kamu diijinkan untuk mengkonsumsi snack hanya di jam-jam yang dibutuhkan, dan jangan sampai berlebihan yah ladies!

Hindari Minuman Bersoda

Soda mengandung kadar gula yang sangat tinggi, dan kamu sudah tahu itu. Jadi tinggal kamu yang menentukan.

BACA JUGA: Benarkah Minuman Soda Diet Tidak Membuat Gemuk?

Tidak Perlu Diet Ketat, Cukup Lakukan Secara Teratur

Tidak perlu melakukan diet ketat sampai-sampai membatasi semua makananmu. Padahal kamu tidak perlu sekeras itu pada dirimu, makanlah secara teratur sudah cukup. Pilihlah makanan yang terbaik untuk setiap menu makananmu yah! Jangan biarkan sepiring makananmu dipenuhi dengan karbohidrat. Tee-hee :P