Featured Image Article 921

Cokelat: Tabir Surya Alami Dari Dalam Tubuh

Wah, pasti beberapa dari kamu sudah melompat senang karena membaca judul artikel ini. Tapi tidak semua cokelat bermanfaat sebagai tabir surya alami.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Food

Cokelat yang bisa turut berperan menjadi tabir surya alami dari dalam tubuh hanyalah dark chocolate. Cokelat dengan kandungan kakao paling murni di antara cokelat lain yang beberapa sudah ditambahkan unsur lain dalam pengolahannya seperti susu atau buah-buahan dan kacang-kacangan. Pada umumnya, dark chocolate sering digunakan sebagai cokelat olahan. Cokelat yang masih harus diolah kembali bersama bahan lainnya sebelum dikonsumsi. Tapi, karena cukup banyak orang yang menyukai pahit manis alami cokelat ini, dibuat pula lah dark chocolate yang siap dikonsumsi langsung oleh konsumen.

Di antara dark chocolate pun ada tingkatannya. Tingkatan ini dilihat dari tinggi kandungan kakao, dari cara pengolahannya, dari rasanya, dan tingkat keasamannya. Semakin pahit rasanya, semakin mahal harganya. Tapi tidak sembarang pahit. Dark chocolate yang berkualitas, memiliki rasa asam yang pas dan tidak berlebihan.

Manfaat Baik Dark Chocolate

Tadi kita sudah membahas, sekilas pengetahuan umum mengenai dark chocolate. Sekarang saatnya kita bahas manfaat baik dark chocolate. Benarkah bisa menjadi tabir surya alami yang melindungi kamu dari dalam?

Ternyata, hal ini sudah diverifikasi kebenarannya. Kandungan flavonoids yang terdapat di dalam sebatang dark chocolate dapat melindungi kulit kamu dari gejala penuaan dini dan serangan radikal bebas. Jadi, kalau kamu mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah yang pas dan secara rutin, maka tubuh kamu akan semakin terlindungi dari jahatnya radikal bebas yang bertebaran di udara dan memperlambat proses penuaan di tubuh kamu.

Kabar baik lainnya adalah, yes, dark chocolate dapat memberikan tubuhmu sistem perlindungan dari sinar matahari seperti yang dapat dilakukan oleh produk tabir surya.

Sebuah penelitian dilakukan pada dark chocolate dan ditemukan bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam cokelat ini, dapat membuat perlindungan kulit dari dalam tubuh terhadap sinar Ultraviolet meningkat drastis. Hanya saja, hasil penelitian itu juga menunjukkan bahwa efek ini hanya bisa didapatkan dengan konsumsi rutin dark chocolate dengan kandungan 70% ke atas, yang berarti, golongan dark chocolate yang super super pahit!

Untuk membuktikan hasil penelitian tersebut, bagaimana kalau kamu mulai mencobanya sekarang?