Featured Image Article 933

Gigi Sehat Senyum Indah Dengan 4 Perawatan Gigi Ini

Kesehatan mulut ternyata memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, sehingga merawat gigi dengan rajin sangat berguna untuk mencegah gangguan-gangguan kesehatan pada mulut.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Health

Cukup banyak gangguan-gangguan kesehatan yang berawal dari mulut karena mulut adalah awal mula dari sistem pencernaan kita. Gigi adalah salah satu bagian dari mulut yang pertama kali mencerna makanan. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa kerja gigi cukup berat karena setiap saat harus siap untuk mengunyah dan menghancurkan makanan sehingga dapat diserap lagi oleh usus.

Gangguan Pada Gigi yang Sering Ditemui

Sangat disayangkan jika kesehatan gigi justru sering terabaikan. Padahal kalau sudah terlanjur rusak, rasa sakitnya bisa sangat mengganggu. Gigi berlubang dan gigi sensitif adalah gangguan kesehatan pada gigi yang sering ditemui. Tidak hanya menyakitkan, kerusakan pada gigi juga dapat mengganggu penampilan. Gigi yang menghitam atau kuning kurang sedap dipandang mata. Sedangkan gigi yang berlubang juga sering menimbulkan bau mulut.

Miliki Gigi Sehat dengan Melakukan Rutinitas Berikut ini

Penting sekali untuk selalu melakukan perawatan rutin pada gigi. Perawatan rutin tersebut meliputi perawatan yang dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan dokter gigi. Perhatikan hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat gigi berikut ini, sehingga gigi lebih bersih dan sehat!

Bersihkan Gigi dengan Benar dan Teratur

Untuk menjaga kebersihan gigi, sikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari setiap habis sarapan pagi dan sebelum tidur pada malam hari. Selain itu, kebersihan sikat gigi juga harus diperhatikan agar tidak ada kuman-kuman yang terbawa melalui sikat gigi. Sebaiknya mengganti sikat gigi setiap dua bulan agar kebersihan sikat gigi lebih terjamin. Sikat gigi yang baru juga memiliki bulu-bulu sikat yang masih bagus.

Flossing bisa dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Namun, lakukan dengan hati-hati atau meminta bantuan dokter gigi. Bantu juga dengan obat kumur agar terhindar dari plak dan karang gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi

Buah-buahan dan sayuran ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan sistem pencernaan, namun juga bagi kesehatan gigi dan mulut. Buah dan sayur memiliki serat yang dapat berperan membersihkan gigi seperti halnya sikat gigi ketika dikunyah di dalam mulut, terutama apel, wortel, dan seledri. Vitamin A dari buah dan sayur dapat membantu pembentukan email gigi, sedangkan vitamin C-nya berguna untuk memperkuat gusi.

Susu dan produk olahannya juga sangat bagus untuk memperkuat gigi karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Hentikan Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

Mengkonsumsi teh dan kopi secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan penampilan gigi. Demikian juga alkohol yang dapat menyebabkan bau mulut dan mulut kering. Terlebih lagi merokok yang tidak hanya merugikan kesehatan gigi, tapi juga membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, penting sekali mengubah kebiasaan buruk ini.

Rutin ke Dokter Gigi

Kebanyakan dari kita pergi ke dokter gigi pada saat ada masalah dengan kesehatan gigi saja. Padahal, penting juga untuk menjadwalkan pemeriksaan rutin minimal 6 bulan sekali. Dengan demikian, gangguan-gangguan kesehatan gigi dapat dicegah sebelumnya.

 

Kesehatan gigi jangan sampai diabaikan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk lagi. Terlebih lagi, gigi yang sehat dan putih bersih akan membuat senyummu lebih menarik dan percaya diri.