Featured Image Article 954

Resolusi Sehat Sederhana Yang Pasti Bisa Kamu Lakukan!

Masih dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Bosen nggak sih? KBJ punya saran nih buat kamu yang ingin hidup lebih sehat!

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Lifestyle

Sudah cukup membuat resolusi tahunan yang hanya kamu lupakan dalam waktu 2 minggu saja. Mungkin resolusi kamu untuk hidup sehat yang kamu buat terlalu berat dan sulit untuk dilakukan secara langsung.

Nggak gampang tentunya untuk merubah gaya hidup kamu selama ini, mulai dari makanan sampai aktvitas harian, tapi bukan berarti nggak bisa! Cobalah memulai dari hal-hal sederhana, seperti beberapa hal ini:

Bersihkan Sikat Gigi Secara Rutin

Tahukah kamu kalau sikat gigi bisa menjadi tempat yang tepat untuk para bakteri berkembang biak? Sebuah penelitian menemukan, rata-rata sikat gigi terkontaminasi paling tidak 10 juta kuman, dan sangat berpotensi terkontaminasi bakteri yang berbahaya seperti bakteri E.coli.

Untuk membunuh kuman-kuman ini, kamu bisa mencuci sikat gigimu secara rutin setiap beberapa hari sekali menggunakan air medidih/air panas.

BACA JUGA: Ingin Punya Gigi Putih Layaknya Selebriti? Bisa Saja! Ini Dia Caranya!

Jangan Biarkan Virus Berlama-lama di Dalam Ruang Tertutup

Musim hujan sering sekali membuat kamu tertular penyakit yang entah datangnya dari mana. Untuk menghindari resiko terkena flu sebaiknya kamu membuka jendela saat sedang berada di dalam ruangan atau mobil saat bersama orang yang kamu rasa sedang sakit.

Penelitian di Universitas Queensland menemukan, berada 90 menit di dalam mobil bersama orang yang terkena flu akan membuat kamu 99.9% tertular. Resiko ini akan berkurang hingga 20% jika kamu membuka jendela. Nggak cuma di mobil, tapi resiko yang sama juga berlaku saat kamu berada di dalam ruangan.

Membuang Lendir Saat Flu

Flu atau pilek adalah penyakit yang sangat mengganggu. Kamu tidak bisa bernafas lega karenanya, lalu kamu memaksakan untuk mengeluarkan lendir dari kedua lubang hidung. Ini adalah kesalahan fatal, membuang lendir melalui kedua lubang hidung justru bisa mendorong lendir kembali ke sinus dan memicu infeksi.

Jika kamu memang harus membuang lendir saat flu, lakukanlah melalui satu lubang hidung saja.

Konsumsi Yogurt Setiap Hari!

Ternyata produk susu bisa membantu kamu melindungi diri dari yang namanya penyakit diabetes lho! Sebuah studi di universitas Cambridge menunjukan konsumsi 125g yogurt probiotic rendah lemak sebanyak 5 kali seminggu, bisa mengurangi resiko terkena diabetes hingga 28%. Hal tersebut dikarenakan bakteri baik dan vitamin K yang terkandung didalam produk susu fermentasi. Tapi ingat yah ladies, jangan padukan yogurt dengan makanan-makanan yang memiliki kandungan glukosa tinggi dan mengkonsumsinya secara berlebihan.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt untuk Tubuh

Berusahalah Berdiri Sendiri!

Selalu menggunakan pinggiran kursi saat berdiri? Hentikan yuk di tahun ini! Letakkan kakimu dengan kuat di lantai, kencangkan otot perut, kencangkan pantat kamu, lalu berusahalah mengangkat badanmu sampai ke posisi berdiri. Dengan begini akan membantu menguatkan otot-otot tubuh kamu lho!

Dengan begini, kamu sudah melakukan latihan yang setara dengan latihan squat. Latihan ini akan semakin sempurna jika kamu melakukan hal yang sama saat akan duduk. Ini adalah latihan otot yang paling efektif, yang akan menjaga stabilitas di pinggul dan sekitarnya.

 

Gampang kan? Untuk merubah kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat tidak mungkin semudah membalikkan telapak tangan. Semuanya butuh proses, lakukan dari hal-hal sederhana untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Selamat mencoba ladies!