Featured Image Article 979

3 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Secara Berlebihan Pada Rambut Kamu

Hal yang berlebihan itu memang tidak baik. Lalu, apa yang tidak boleh dilakukan berlebihan pada rambutmu? Yuk, intip di sini!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Hair

Melakukan hal apapun, secara berlebihan memang tidak baik. Memang sebagian besar dampaknya tidak begitu terlihat, tapi ada 3 hal yang benar-benar tidak boleh kamu lakukan secara berlebihan pada rambutmu. Mau tahu apa saja? Check this out!

#1 Berlebihan Menyisir Rambut

Menyisir rambut memang bermanfaat karena dapat merangsang sirkulasi darah pada permukaan kulit kepala kamu. Ini akan berdampak baik pada pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Sayangnya, kalau kamu menyisir rambut terlalu banyak hanya karena ingin rambut kamu tumbuh lebih cepat, kamu salah. Terlalu sering menyisir rambut akan menyebabkan rambut yang berada di area pangkal berdiri tegang dan kaku. Kemudian, kebanyakan menyisir juga akan merangsang kulit kepala membuat produksi minyak alami rambut semakin menggila dan rambut kamu akan jadi ekstra berminyak. Mau begitu? Tidak mau bukan?

TIPS: Sisirlah rambut kamu minimal dua kali sehari, maksimal empat kali sehari dengan jarak yang semaksimal mungkin berjauhan. Sisir rambut kamu merata, 2-3 kali di setiap lapisannya, itu sudah cukup. Ingat, jangan berlebihan!

BACA JUGA: Yuk Kenali Sisirmu dan Kegunaannya!

#2 Berlebihan Mencuci Rambut

Mencuci rambut dapat menjaga rambut kamu tetap bersih, dan mengontrol jumlah minyak berlebih yang terdapat pada rambut kamu secara alami.

Sayangnya, berlebihan mencuci rambut akan membuang semua minyak alami pada kulit kepala yang sesungguhnya dibutuhkan oleh rambutmu untuk terlihat berkilau dan sehat. Belum lagi, kekurangan minyak alami akan membuat rambut kamu ekstra kering, terlihat kusam untuk kemudian berujung pada ujung rambut yang pecah-pecah. Aduh, siapa yang tahan punya rambut seperti itu?

TIPS: Cucilah rambut kamu, paling tidak dua hari sekali untuk kamu yang berambut normal hingga kering dan cucilah rambutmu paling tidak sehari sekali dengan cepat, untuk kamu yang yang rambutnya ekstra berminyak.

#3 Menuangkan Kondisioner Secara Berlebihan

Kondisioner adalah penolong bagi rambut kamu. Karena kondisioner dapat memberikan perlindungan sekaligus kekuatan yang dibutuhkan oleh rambut, karena kondisioner bekerja dengan cara masuk ke dalam akar dan meresap ke batang rambut untuk menyampaikan manfaatnya yang baik.

Hanya saja, kondisioner yang dituangkan secara berlebih tidak akan dapat diserap semua ke dalam akar dan batang rambut sehingga akan meninggalkan sisa pada kulit kepala dan helai rambut kamu. Sisa-sisa kondisioner yang tertinggal itulah yang dapat menjadi kerak, kemudian kelak menjadi ketombe.

TIPS: Untuk kamu yang berambut pendek hingga sedang, cukup gunakan kondisioner selebar koin seratus perak, dan lebihkan sedikit untuk kamu yang berambut sedikit lebih panjang.


Rambut adalah mahkota perempuan! Kamu tentu pernah dengan kalimat itu bukan? Dan itu bukan hanya sekedar kiasan. Memang di Indonesia yang mayoritas Islam, terdapat banyak wanita yang menggunakan jilbab. Tapi, itu bukan berarti kamu tidak perlu merawat rambutmu bukan? Ayo rawat rambutmu dari sekarang ya, ladies! Karena kalau bukan kamu, siapa lagi? ;)

BACA JUGA: Rambut Sehat terjaga di balik Hijab