Featured Image Article 986

Apa Saja 5 Tren Healthy Food 2015? Yuk Intip!

Rupanya gaya hidup sehat akan semakin menjadi tren di tahun 2015 ini. Hal ini tampak dari kecenderungan masyarakat untuk memilih makanan yang lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Food

Pengaruh media sangat penting dalam memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah, termasuk dalam hal kesehatan. Sehingga masyarakat sekarang semakin pintar dan memiliki kesadaran lebih tinggi untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jenis makanan yang sehat. Jika hidup sehat adalah salah satu resolusimu di tahun ini, tentu wajib untuk kamu berburu menu makanan sehat. Ladies, mau tahu makanan apa saja yang akan populer tahun ini? Ini dia 5 tren healthy food tahun 2015.

Matcha

Matcha merupakan minuman dari Jepang yang sering digunakan dalam tradisi minum teh di sana. Matcha terbuat dari daun teh hijau yang dihaluskan hingga menjadi bubuk. Di Jepang sendiri, matcha juga digunakan sebagai bahan pewarna dan penambah cita rasa makanan, termasuk mochi.

Khasiat matcha bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, karena kandungan antioksidannya 10 kali lebih tinggi daripada teh-teh hijau pada umumnya. Vitamin, mineral, dan serat minuman ini juga bermanfaat untuk proses detoks. Selain dibuat minuman, matcha juga bisa ditambahkan pada menu-menu makanan lainnya. 

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau

Bee Pollen

Bee pollen adalah serbuk sari lebah asli yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan yang mungkin terdengar asing di telingamu ini bisa dijadikan sebagai sumber vitamin B, protein, asam folic, dan asam amino. Selain itu, Bee pollen juga merupakan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan, serta memiliki banyak sekali kandungan fitonutrien. Maka tak heran jika makanan ini sering disebut juga sebagai super food.

Bee pollen dapat membantu melembutkan kulit, menambah kesuburan, meningkatkan fungsi pencernaan, serta sebagai sumber energi dan suplemen. Untuk variasi mengkonsumsi bee pollen, bisa menambahkan bahan makanan ini ke dalam salad atau jus. Namun jika terlalu panas, kandungan nutrisinya bisa berkurang.

Kaldu Tulang

Detoks ternyata akan tetap populer. Berbagai macam teknik detoksifikasi akan mewarnai tren hidup sehat tahun 2015 ini. Kaldu tulang adalah salah satu makanan yang sedang hangat dibicarakan sebagai makanan yang memiliki manfaat detoksifikasi, setelah jus sayuran hijau yang lebih dahulu populer. 

Kaldu tulang kaya sekali akan asam amino, anti inflamasi, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kaldu tulang bisa diambil dari sapi, ayam, atau kalkun. Makanan ini bisa dicampurkan ke dalam jus sayuran hijau atau dimasak dengan rempah-rempah.

BACA JUGA: Cantik dengan Sup Kaldu Tulang

Gula Kelapa

Gula kelapa memiliki indeks glikemik dan mineral yang lebih rendah ketimbang gula putih pada umumnya. Ini bisa menjadi pilihan baru bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan ataupun sedang diet. Gula yang juga sering disebut dengan gula merah ini tinggi kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Di samping itu, gula kelapa juga lebih baik buat kamu yang ingin memutihkan dan menghaluskan kulit.  

Air Maple

Air maple memiliki kandungan seperti air kelapa yang sangat berguna untuk mengatasi dehidrasi dan membuat kulit tetap lembab. Minuman ini rendah kalori dengan kandungan 30 kalori per 500 ml. Selain itu, air maple juga kaya akan magnesium, kalsium, dan potassium.

 

Selain jenis makanan, tren healthy food 2015 juga dipengaruhi oleh proses pengolahan makanan tersebut. Sehingga cara memasak yang lebih sehat akan semakin digemari. Mau coba?