Featured Image Article 997

Serba Serbi Vitamin C Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sering merasa daya tahan tubuh melemah? Mungkin kamu kekurangan vitamin C, coba penuhi kebutuhanmu yang satu ini!

Yenni Photo
Yenni
Blogger
di Health

Pada musim yang sedang tidak menentu seperti sekarang, tubuh akan semakin rentan terserang penyakit. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah mengkonsumsi vitamin C. Tidak hanya menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga merupakan bahan pembentuk kolagen, membantu dalam pembentukan berbagai hormon, membantu metabolisme kolesterol, dan membantu memelihara kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi. Bukan itu saja, banyak lagi fakta-fakta vitamin C yang perlu kamu ketahui seperti hal-hal berikut ini:

Sebagai Penangkal Radikal Bebas

Vitamin C merupakan antioksidan yang paling kuat sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mampu melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

BACA JUGA: Apa Sih Manfaat Minum Air Jeruk Nipis bagi Kesehatan?

Mempercepat Penyembuhan

Kolagen merupakan protein yang berfungsi seperti lem, berfungsi merekatkan kulit, tulang, dan otot. Itulah mengapa vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan patah tulang.

Berapa Banyak Kebutuhan Vitamin C Untuk Tubuh?

Dalam sehari kebutuhan vitamin C untuk dewasa yaitu sekitar 60-90 mg, untuk ibu hamil kebutuhannya ditambahkan sekitar 10-25 mg dan bagi para perokok kebutuhan vitamin C lebih tinggi yaitu 110-125 mg. Sedangkan saat sakit kebutuhan vitamin C kamu juga otomatis akan meningkat. Namun dalam iklan-iklan produk yang mengandung vitamin C sering kita mendengar kandungan vitamin C hingga 1000 mg. Jika dibandingkan dengan kebutuhan vitamin C tubuh angka tersebut sangatlah besar.

Apakah Tidak Berlebihan? Bagaimana Jika Terlalu Banyak?

Tenang saja, vitamin C tergolong ke dalam vitamin yang larut dalam air, sehingga kelebihan vitamin c akan larut bersama air dan dibuang bersama dengan urin. Tapi jangan terlalu santai, dan tidak memperdulikan takaran vitamin C yang kamu konsumsi.  

Konsumsi vitamin C berlebih dan mencapai 2000mg/hari bisa menyebabkan diare, sakit kepala, maag atau gangguan pencernaan yang disebabkan sifat asam pada vitamin C.

BACA JUGA: Sejuta Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan

Cara Mengkonsumsi Vitamin C Yang Baik

Konsumsi vitamin C tidak dianjurkan langsung dalam dosis tinggi karena penyerapannya membutuhkan bantuan protein transporter. Karena protein transporter ini jumlahnya terbatas dalam tubuh, maka tubuh tidak dapat menyerap vitamin C dosis tinggi sekaligus. Tanpa protein ini, vitamin C tidak dapat diserap tubuh dan kemudian dibuang.

Untuk menghindari vitamin yang terbuang ini, maka sebaiknya konsumsi vitamin C diberikan sedikit demi sedikit atau jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin C pilih yang menggunakan time release. Teknologi time release ini akan membuat vitamin C diserap bertahap sehingga lebih efektif diserap tubuh.


Nah! yang lebih bagus lagi adalah Sumber vitamin C alami yang lebih mudah diserap tubuh dan lebih lama bertahan di dalam tubuh dibandingkan yang berasal dari suplemen, misalnya dari buah jeruk, kiwi, melon, strawberry, nanas, mangga, tomat, dan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.